Technovate 2024: Mengakselerasi Adopsi Teknologi AI di Indonesia

elmecon

Pada tanggal 27 Juni 2024, PT Elmecon Multikencana dengan bangga menggelar acara Technovate 2024, sebuah inisiatif revolusioner yang bertujuan untuk mempercepat adopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) di Indonesia. Acara yang diselenggarakan di Holiday Inn Cikarang Jababeka ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk mendukung visi Making Indonesia 4.0 yang dicanangkan oleh Kementerian Perindustrian, yang menargetkan transformasi digital di sektor industri hingga tahun 2030.

Technovate 2024 bertujuan untuk menjadi katalisator dalam percepatan adopsi teknologi AI di Indonesia. Dengan berbagai sesi interaktif dan workshop yang dipimpin oleh para pakar AI, Technovate 2024 berhasil menarik lebih dari 300 peserta dari berbagai sektor industri.

Acara ini juga mendapat liputan positif dari berbagai media terkemuka, termasuk Detikcom yang memberikan sorotan penting mengenai peran PT Elmecon Multikencana sebagai distributor resmi terpercaya Omron, Moxa, ABB, Patlite, dan Tai Sin di Indonesia. Didirikan sejak tahun 1978, PT Elmecon Multikencana telah membangun reputasi kuat dalam menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terpercaya untuk mendukung kemajuan industri di Indonesia.

Sorotan Acara

pt elmecon multikencana
Sambutan dari CEO PT. Elmecon Multikencana, Ridwan Djuhari

Pembukaan oleh Pimpinan PT Elmecon Multikencana

Acara Technovate 2024 dibuka dengan sambutan hangat dari CEO PT Elmecon Multikencana, Ridwan Djuhari, yang menekankan pentingnya adopsi teknologi AI dalam meningkatkan daya saing industri di Indonesia. Dalam pidatonya, beliau menyampaikan bahwa AI memiliki potensi besar untuk merevolusi berbagai sektor industri, mulai dari manufaktur, kesehatan, hingga jasa keuangan.

Beliau juga menggarisbawahi komitmen PT Elmecon Multikencana dalam mendukung transformasi digital di Indonesia melalui penyelenggaraan acara seperti Technovate. Menurutnya, Technovate 2024 adalah bukti nyata dari upaya perusahaan untuk mendukung visi Making Indonesia 4.0 yang dicanangkan oleh Kementerian Perindustrian.

Sesi Utama dan Workshop

Technovate 2024 menghadirkan berbagai sesi dan workshop yang dipimpin oleh para pakar AI terkemuka. Beberapa sesi utama yang menjadi sorotan antara lain:

  • AI dalam Manufaktur: Sesi ini membahas bagaimana AI dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi produksi, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan kualitas produk. Para peserta mendapatkan wawasan mengenai berbagai aplikasi AI dalam proses manufaktur, mulai dari predictive maintenance hingga quality control berbasis AI.
  • AI dalam Kesehatan: Sesi ini mengeksplorasi berbagai aplikasi AI dalam sektor kesehatan, seperti diagnosa penyakit berbasis AI, pengembangan obat menggunakan machine learning, dan sistem kesehatan yang lebih cerdas. Para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan para pakar mengenai tantangan dan peluang dalam implementasi AI di sektor kesehatan.
  • AI dalam Jasa Keuangan: Sesi ini membahas bagaimana AI dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi risiko, dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan di sektor jasa keuangan. Beberapa topik yang dibahas antara lain penggunaan AI dalam deteksi fraud, analisis risiko kredit, dan personalisasi layanan keuangan berbasis AI.

Pameran Teknologi AI

PT Elmecon Multikencana
Situasi Pameran Booth di Acara Technovate 24

Selain sesi utama dan workshop, Technovate 2024 juga menyelenggarakan pameran teknologi AI yang menampilkan berbagai solusi AI dari perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia. Pameran ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk melihat secara langsung bagaimana teknologi AI dapat diimplementasikan dalam berbagai aplikasi industri.

Beberapa perusahaan yang berpartisipasi dalam pameran ini antara lain:

Ericsson adalah perusahaan teknologi dan layanan komunikasi global yang memimpin dalam solusi jaringan, perangkat lunak, dan layanan. Mereka menyediakan infrastruktur, layanan, dan solusi untuk operator telekomunikasi di seluruh dunia.

Astra Winteq adalah bagian dari Grup Astra yang berfokus pada solusi otomasi industri dan teknologi informasi. Mereka menyediakan solusi teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas di berbagai sektor industri.

ElectGo adalah platform e-commerce yang mengkhususkan diri dalam solusi energi terbarukan dan efisiensi energi. Mereka menyediakan berbagai produk dan layanan untuk membantu perusahaan dan industri dalam mengelola dan mengoptimalkan penggunaan energi melalui platform e-commerce mereka.

Datagarda adalah penyedia solusi keamanan informasi terkemuka di Indonesia. Mereka fokus pada layanan keamanan siber seperti deteksi ancaman, respons kejadian, dan manajemen keamanan informasi untuk membantu organisasi melindungi data mereka dari serangan siber.

  • Lattice Teknologi Mandiri

Lattice Teknologi Mandiri adalah penyedia solusi IT dan komunikasi yang menawarkan konsultasi, pengembangan perangkat lunak, dan integrasi sistem untuk berbagai kebutuhan bisnis. Mereka dikenal karena komitmen mereka dalam memberikan solusi inovatif dan berkualitas untuk mendukung transformasi digital perusahaan di Indonesia.

Omron Indonesia adalah bagian dari Omron Corporation, sebuah perusahaan teknologi yang mengembangkan produk dan solusi otomasi industri, komponen elektronik, dan perangkat kesehatan. Mereka fokus pada inovasi teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup.

ABB Indonesia merupakan bagian dari ABB Group, sebuah pemimpin global dalam teknologi untuk energi dan otomasi industri. Mereka menyediakan solusi untuk meningkatkan efisiensi, keandalan, dan keberlanjutan operasi di berbagai sektor industri.

Moxa adalah penyedia solusi jaringan industri yang menyediakan produk dan layanan untuk membangun jaringan yang andal dan aman di lingkungan industri. Mereka fokus pada konektivitas yang kuat dan cyber security dalam sistem otomasi industri.

Patlite adalah produsen sistem sinyal visual dan audio yang digunakan dalam aplikasi industri. Mereka menyediakan berbagai produk untuk memastikan keamanan dan efisiensi operasional di berbagai fasilitas dan lingkungan kerja.

Tai Sin adalah produsen kabel dan solusi konektivitas untuk berbagai aplikasi industri dan komersial. Mereka menyediakan berbagai produk kabel dan solusi manajemen kabel untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur jaringan modern.

Dukungan Media

elmecon
Dukungan dari Beberapa Portal Berita di Indonesia

Kesuksesan acara Technovate 2024 tidak lepas dari liputan positif dari berbagai media terkemuka. Beberapa media yang memberikan ulasan mendalam mengenai acara ini antara lain Warta Ekonomi, Warta Kota, Porto News, dan Detikcom.

Liputan dari Warta Ekonomi

Warta Ekonomi memberikan ulasan mendalam mengenai peran AI dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas industri di Indonesia. Dalam artikelnya, Warta Ekonomi menyampaikan bahwa Technovate 2024 berhasil menjadi platform kolaboratif yang memungkinkan pertukaran ide dan pengalaman praktis mengenai implementasi teknologi AI.

Menurut Warta Ekonomi, acara ini juga berhasil menunjukkan komitmen PT Elmecon Multikencana dalam mendukung transformasi digital di Indonesia. Dengan menghadirkan para pakar AI terkemuka dan berbagai solusi AI inovatif, Technovate 2024 berhasil memberikan wawasan baru kepada para peserta mengenai pentingnya adopsi teknologi AI dalam meningkatkan daya saing industri. Klik ini untuk membaca artikelnya!

Liputan dari Tribunnews

Tribunnews memberikan ulasan positif mengenai berbagai sesi dan workshop yang diadakan dalam acara Technovate 2024. Dalam artikelnya, Tribunnews menyampaikan bahwa para peserta mendapatkan kesempatan untuk mengeksplorasi aplikasi AI dalam berbagai sektor industri, mulai dari manufaktur hingga jasa keuangan.

Tribunnews juga menggarisbawahi pentingnya acara seperti Technovate dalam meningkatkan kesadaran mengenai manfaat teknologi AI di kalangan industri. Dengan partisipasi lebih dari 500 profesional dari berbagai bidang, acara ini berhasil menciptakan platform kolaboratif yang memungkinkan pertukaran ide dan pengalaman praktis mengenai implementasi teknologi AI. Klik ini untuk membaca artikelnya!

Liputan dari Porto News

Porto News memberikan ulasan mendalam mengenai pameran teknologi AI yang diselenggarakan dalam acara Technovate 2024. Dalam artikelnya, Porto News menyampaikan bahwa pameran ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk melihat secara langsung bagaimana teknologi AI dapat diimplementasikan dalam berbagai aplikasi industri.

Porto News juga menyoroti berbagai solusi AI inovatif yang ditampilkan dalam pameran ini, seperti robot industri berbasis AI, sistem diagnosa penyakit berbasis AI, dan platform analisis risiko kredit berbasis AI. Menurut Porto News, pameran ini berhasil menunjukkan potensi besar teknologi AI dalam merevolusi berbagai sektor industri di Indonesia. Klik ini untuk membaca artikelnya!

Liputan dari Detikcom

Detikcom memberikan sorotan penting mengenai peran teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam mendukung visi Indonesia 4.0. Mereka menyoroti bagaimana Technovate 2024 menjadi ajang strategis untuk mempercepat adopsi teknologi AI di berbagai sektor industri. Detikcom juga mengangkat testimoni para pemimpin industri yang mengakui nilai strategis acara ini dalam memajukan inovasi dan transformasi digital di tanah air. Klik ini untuk membaca artikelnya!

Komitmen PT Elmecon Multikencana

Sebagai perusahaan yang selalu berada di garis depan inovasi teknologi, PT Elmecon Multikencana berkomitmen untuk terus mendukung transformasi digital di Indonesia. Melalui penyelenggaraan acara seperti Technovate, PT Elmecon Multikencana berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan ekosistem industri yang lebih cerdas dan efisien.

Misi dan Visi PT Elmecon Multikencana

Misi PT Elmecon Multikencana adalah untuk menjadi pemimpin dalam inovasi teknologi di Indonesia. Dengan fokus pada adopsi teknologi AI, PT Elmecon Multikencana berupaya untuk membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan daya saing di pasar global.

Visi PT Elmecon Multikencana adalah untuk menciptakan ekosistem industri yang lebih cerdas dan efisien di Indonesia. Dengan menyelenggarakan acara seperti Technovate, PT Elmecon Multikencana berharap dapat memberikan wawasan baru kepada para pelaku industri mengenai pentingnya adopsi teknologi AI dalam meningkatkan daya saing industri.

Rencana Masa Depan

PT Elmecon Multikencana memiliki berbagai rencana untuk mendukung transformasi digital di Indonesia. Beberapa rencana masa depan yang telah disiapkan antara lain:

  • Pengembangan Solusi AI: PT Elmecon Multikencana akan terus mengembangkan berbagai solusi AI inovatif yang dapat membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan daya saing di pasar global.
  • Penyelenggaraan Acara Teknologi: PT Elmecon Multikencana akan terus menyelenggarakan acara-acara teknologi seperti Technovate untuk memberikan wawasan baru kepada para pelaku industri mengenai pentingnya adopsi teknologi AI. Acara-acara ini juga diharapkan dapat menjadi platform kolaboratif yang memungkinkan pertukaran ide dan pengalaman praktis mengenai implementasi teknologi AI.
  • Kolaborasi dengan Perusahaan Teknologi: PT Elmecon Multikencana akan terus menjalin kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia dan dunia untuk mengembangkan solusi AI yang lebih inovatif dan efektif. Kolaborasi ini diharapkan dapat mempercepat adopsi teknologi AI di kalangan industri dan membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam meningkatkan daya saing di pasar global.

Testimoni dari Peserta Technovate 2024

Technovate 2024 mendapatkan banyak testimoni positif dari para peserta yang merasa mendapatkan wawasan baru dan pengalaman berharga mengenai implementasi teknologi AI. Beberapa testimoni dari peserta antara lain:

  • Budi, CEO Perusahaan Manufaktur: “Technovate 2024 adalah acara yang sangat informatif dan inspiratif. Saya mendapatkan banyak wawasan baru mengenai bagaimana AI dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi biaya operasional di perusahaan kami. Saya sangat berterima kasih kepada PT Elmecon Multikencana atas penyelenggaraan acara ini.”
  • Yudi, Chief Engineer di Perusahaan Autoparts: “Technovate 2024 adalah acara yang sangat bermanfaat bagi kami di industri autoparts. Kami mendapatkan wawasan mendalam mengenai aplikasi teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam proses manufaktur dan pengembangan produk. Ini akan membantu kami meningkatkan efisiensi dan kualitas produk kami.”
  • Rini, Mekanik Pabrik: “Sebagai seorang mekanik pabrik, saya sangat terkesan dengan solusi AI yang ditampilkan dalam Technovate 2024. Saya belajar banyak tentang bagaimana AI dapat digunakan untuk pemeliharaan prediktif dan perawatan mesin, yang sangat penting bagi efisiensi operasional pabrik kami.”

Sampai Jumpa di Acara Kami Selanjutnya!

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung Technovate 2024. Kesuksesan acara ini adalah bukti nyata dari semangat kolaborasi dan inovasi yang kuat di Indonesia. Sampai jumpa di acara kami selanjutnya, di mana kami akan terus menghadirkan inovasi-inovasi terbaru untuk mendukung kemajuan industri tanah air. 🙏✨

elmecon

Dari penjabaran di atas PT. Elmecon Multikencana mampu menjawab setiap tantangan yang ada. Berdiri sejak 1978 memampukan PT. Elmecon Multikencana memenuhi kebutuhan part dan solusi sesuai bisnis dan industrial yang sedang dijalankan secara efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan di era Revolusi Industri 4.0.

Semoga bermanfaat!

Butuh Project Partner? Bisa Konsultasi dulu GRATIS!!!

Hubungi kami untuk mendapatkan konsultasi seputar solusi-solusi industri!

Bagikan ke media sosial anda

Facebook
Twitter
WhatsApp
LinkedIn

Table of Contents