Apa itu Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 dibangun di atas Revolusi Digital, mewakili cara-cara baru di mana teknologi menjadi tertanam dalam masyarakat dan bahkan tubuh manusia. Revolusi Industri Keempat ditandai dengan munculnya terobosan teknologi di sejumlah bidang, termasuk robotika, kecerdasan buatan, nanoteknologi, komputasi kuantum, bioteknologi, Internet of Things (IoT), pencetakan 3D, dan kendaraan otonom.

Sebelum memasuki Era Industri 4.0 yaitu Era ketiga industri, munculnya komputer dan awal otomatisasi, ketika robot dan mesin mulai menggantikan pekerja manusia di lini perakitan tersebut.

Dan sekarang kita memasuki Industri 4.0, di mana komputer dan otomasi akan bersatu dalam cara yang sama sekali baru, dengan robotik yang terhubung dari jarak jauh ke sistem komputer yang dilengkapi dengan algoritma pembelajaran mesin yang dapat mempelajari dan mengontrol robotika dengan sangat sedikit masukan dari operator manusia.

Industri 4.0 memperkenalkan apa yang disebut “pabrik pintar,” di mana sistem cyber-fisik memantau proses fisik pabrik dan membuat keputusan yang terdesentralisasi. Sistem fisik menjadi Internet of Things, berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan dengan manusia secara real time melalui web nirkabel.

Untuk pabrik atau sistem yang dianggap Industri 4.0, itu harus mencakup:

  • Interoperabilitas – mesin, perangkat, sensor, dan orang-orang yang terhubung dan berkomunikasi satu sama lain.
  • Keterbukaan informasi – sistem membuat salinan virtual dunia fisik melalui data sensor untuk mengontekstualisasikan informasi.
  • Bantuan teknis – baik kemampuan sistem untuk mendukung manusia dalam membuat keputusan dan memecahkan masalah dan kemampuan untuk membantu manusia dengan tugas yang terlalu sulit atau tidak aman bagi manusia.
  • Pengambilan keputusan yang terdesentralisasi – kemampuan sistem cyber-fisik untuk membuat keputusan sederhana sendiri dan menjadi se-otonom mungkin.

Fitur utama yang akan membantu pengambilan keputusan  di era Revolusi Industri 4.0 :