Ancaman Revolusi Industri 4.0 di Masa Yang Akan Datang

Ancaman Revolusi IndustriĀ 4.0

Tantangan terbesar dalam sepuluh tahun mendatang akan tercipta oleh Revolusi Industri 4.0 yang disebut sebagai IR 4.0. Tahapan Revolusi Industri didasarkan pada tingkat “otomatisasi”. Gelombang IR saat ini didasarkan pada teknologi canggih otomatisasi seperti Kecerdasan Buatan, Internet of Things, Driverless Cars, Smart Robotics, teknologi pertukaran data seperti komputasi awan dan perkembangan serupa dalam teknologi manufaktur seperti Pencetakan 3-D.

Konsep IR 4.0 telah disorot oleh World Economic Forum. Dengan demikian, dunia mengakui masalahnya. Gelombang inovasi baru mengaburkan garis antara bidang fisik, digital, dan biologis.

Dalam istilah sederhana, sejumlah besar orang menjadi pengangguran karena bagian pekerjaan mereka sedang dilakukan oleh mesin. Konsep sebelumnya bahwa fungsi intelektual harus dilakukan oleh manusia sedang ditantang oleh teknologi baru. Teknologi semacam itu juga disebut Teknologi Otomasi.

Contoh teknologi tersebut adalah Kecerdasan Buatan, Mobil Tanpa Driver, Robot Cerdas, Komputasi Awan, Internet of Things, Pencetakan 3-D dan bahan yang lebih keras dan ringan.

Industri.

ini akan menyebabkan gangguan industri yang ada. Industri-industri itu belum mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan baru. Pengenalan teknologi baru dalam industri memerlukan perombakan sistem produksi yang merupakan proses yang lambat.

Industri yang lebih kecil akan punah karena persaingan tidak sehat dengan raksasa besar dalam hal biaya produksi. Dengan demikian, ekonomi seperti India di mana sumber utama manufaktur berasal dari sektor UMKM akan terluka parah. Meningkatnya jumlah dan biaya paten juga menjadi perhatian bagi produsen kecil.

Tuntutan konsumen akan berubah drastis. Orang-orang hari ini menyadari perkembangan global karena internet dan berharap dapat memanfaatkannya sesegera mungkin. Tetapi untuk menggeser seluruh sistem produksi ke negara mana pun membutuhkan waktu dan uang.

Ini juga akan menyebabkan keseragaman produk karena tiba-tiba industri tradisional yang mati. Dengan demikian, keragaman produk akan menjadi ilusi. India, yang menderita pertumbuhan manufaktur yang rendah, akan dirugikan oleh tren semacam itu.

Solusi di Era Revolusi Industri 4.0

Meskipun teknologi di balik revolusi industri keempat tidak diragukan lagi akan mengubah manufaktur, dampak keseluruhan untuk industri akan positif untuk daya saing dan kinerja pekerjaan. Aspek umum untuk orang inovasi cenderung mengabaikan adalah adopsi pasar / ketidaktahuan, terutama jika produk atau layanan menantang norma industri. Agar visi Industri 4.0 menjadi kenyataan, produsen perlu berevolusi seiring dengan teknologi yang rencananya akan ditingkatkan dengan memahami bahwa solusi Industry 4.0 yang tepat memberdayakan tenaga kerja mereka saat ini dan memungkinkan pabrik mereka memproduksi lebih banyak dengan lebih sedikit.

Inilah fitur yang dapat membantu di era Revolusi Industri 4.0 :

  1. Improve Manufacturing Quality
  2. Traceability and Monitoring Solution
  3. Part A.1 into Vision
  4. Remote Monitoring Facility
  5. Automate Processes