Sistem Monitoring Fasilitas dengan IOT

Sistem Monitoring Fasilitas dengan IOT

elmecon_picobox_vaksin(1)Vaksin adalah bahan antigenic untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit. sehingga dapat mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi oleh organisme alami.

Vaksin akan mempersiapkan sistem kekebalan manusia atau hewan untuk bertahan terhadap serangan patogen tertentu, terutama bakteri, virus, atau toksin. Vaksin juga bisa membantu sistem kekebalan untuk melawan sel-sel degeneratif (kanker).

Sebagai produk biologis, vaksin memiliki karakteristik tertentu dan memerlukan penanganan khusus sejak diproduksi di pabrik.

Suhu menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kualitas vaksin. Untuk menjaga kualitas vaksin diperlukan suhu 3°C – 7°C, diluar itu kualitas vaksin akan rusak.

Pada proses produksi sering sekali pekerja lalai dan tidak memerhatikan kondisi tersebut, karena seringnya pekerja lupa menutup pintu yang menyebabkan meningktanya suhu ruangan sehingga merusak kualitas vaksin dan dapat menyebabkan kerugian yang besar dikarenakan mahalnya harga vaksin.

Melihat hal tersebut maka penggunaan sistem otomatisasi sangat diperlukan untuk mengurangi resiko gagal produksi pada vaksin.

Dengan sensor pendeteksi suhu yang terintegrasi dengan modul EMS (Energy Monitoring System) dapat menjaga kualitas produksi vaksin.

Modul EMS dapat memberikan informasi monitoring yang diterima dari sensor pendeteksi melalui remote access melalui TCP/IP dan sms ke kantor pusat, sehingga kantor pusat dapat memonitoring suhu ruangan produksi vaksin yang berlokasi di seluruh Indonesia tanpa harus berada di lokasinya dan menggunakan webUI yang user friendly.

Pada ruang produksi juga dilengkapi alarm system yang dapat memberikan peringatan jika suhu ruangan meningkat. Oleh karena itu para pekerja dapat dengan segera mengantisipasi kondisi tersebut.elmecon_picobox_jaringan_vaksin(1)

Integrasi modul EMS Picobox pada titik lokasi di pabrik vaksin seluruh Indonesia yang mengirimkan semua informasi suhu ke kantor pusat melalui email, SMS, WebUI monitoring.

elmecon_aplikasi_picobox_jaringan_vaksin(1)Sensor sebagai masukan dalam pendeteksian suhu ruangan yang selanjutnya akan diproses oleh Picobox sebagai modul EMS.

Ketika suhu melewati batas yang ditentukan, maka Picobox akan memberikan peringatan berupa output alarm pada ruangan.

Picobox akan mengirimkan update informasi suhu ruangan dengan real time melalui SMS dan email melewati service provider dan jaringan lokal.

Dengan teknologi data logger pada modul EMS yang dapat melakukan pencatatan data kejadian secara otomatis sehingga dapat menghasilkan report yang memudahkan proses quality control produksi.