Mengubah Dunia dengan EV Charger: Langkah Penting Menuju Net Zero Emission

ev charger, jual ev charger

Gas Rumah Kaca (GRK) telah menjadi sorotan global karena dampaknya yang signifikan terhadap iklim dan lingkungan. GRK memiliki potensi untuk mengubah keseimbangan iklim global dengan berbagai dampak yang merugikan, seperti pemanasan global, perubahan pola cuaca, kenaikan permukaan laut, gangguan ekosistem, dampak ekonomi, dampak kesehatan, dan pengasaman laut. Dampak-dampak ini terutama terasa dalam pemanasan global dan perubahan pola cuaca.

Pentingnya Rencana Aksi Nasional Penurunan Gas Rumah Kaca (RAN-GRK)

Rencana Aksi Nasional Penurunan Gas Rumah Kaca (RAN-GRK) merupakan kerangka kerja strategis untuk mengurangi emisi gas rumah kaca secara nasional dengan langkah-langkah terukur. Ini mencakup kontrol emisi GRK dari sektor-sektor utama seperti industri, transportasi, energi, dan pertanian. Dalam konteks EV Charger, RAN-GRK mendukung adopsi kendaraan listrik dengan mendorong penggunaan infrastruktur penunjangnya, mempercepat investasi dalam teknologi ramah lingkungan, dan menciptakan peluang ekonomi baru dalam sektor energi dan transportasi. Ini adalah komitmen bersama untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, melibatkan pemerintah, sektor swasta, masyarakat sipil, dan lembaga internasional, untuk menuju Net Zero Emission dan mengatasi tantangan perubahan iklim.

Mengenal Emisi Cakupan 1, Cakupan 2, dan Cakupan 3

Emisi Cakupan 1 (Scope One Emission)

Emisi ini berasal dari kebutuhan langsung perusahaan, seperti emisi dari mobil operasional dan kompor produksi, yang dapat dikelola melalui penggunaan EV Charger.

Emisi Cakupan 2 (Scope Two Emission)

Emisi ini berasal dari kebutuhan secara tidak langsung, misalnya dari penggunaan listrik. Penggunaan sumber listrik yang bersih, seperti PLTS, yang dapat dipasangkan dengan EV Charger, dapat membantu mengurangi emisi ini.

Emisi Cakupan 3 (Scope Three Emission)

Emisi ini berasal dari penggunaan keperluan di luar kebutuhan pokok perusahaan, seperti emisi dari mobil jasa pengiriman. Penggunaan kendaraan operasional berbasis EV Charger dapat membantu mengurangi emisi ini.

Manfaat dari Pengurangan Emisi

Menerapkan pengurangan emisi cakupan 1, cakupan 2, dan cakupan 3 adalah langkah penting untuk mencapai Net Zero Emission. Selain manfaat globalnya, ini juga akan meningkatkan citra perusahaan di mata calon investor, terutama bagi perusahaan yang aktif dalam penggunaan EV Charger.

Cara Menerapkan Pengurangan Emisi

Beberapa cara untuk menerapkan pengurangan emisi adalah:

  • Memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai sumber listrik perusahaan, yang dapat dipasangkan dengan EV Charger.
  • Menggunakan Kendaraan Listrik (EV) sebagai kendaraan operasional, dengan memasang EV Charger di lokasi-lokasi strategis.
  • Mengurangi bahan-bahan yang dapat menimbulkan zat CO2e dalam produksi dengan memperhatikan efisiensi energi dan keberlanjutan, termasuk penggunaan EV Charger.

Solusi Elmecon dalam Mewujudkan Net Zero Emission

Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan, Elmecon Multikencana telah mengambil langkah-langkah nyata dalam mewujudkan Net Zero Emission. Dengan pengalaman yang telah teruji dan kepercayaan yang telah dibangun selama bertahun-tahun, Elmecon Multikencana menjadi salah satu pelopor dalam menyediakan solusi yang efektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK). Berikut adalah beberapa kontribusi Elmecon Multikencana dalam mendukung visi Net Zero Emission:

  • Memasang sistem pengurangan emisi cakupan 1, seperti EV Charger, untuk mengurangi emisi langsung dari kegiatan operasional.
  • Mengedepankan penggunaan teknologi ramah lingkungan, seperti pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), untuk memastikan sumber energi yang bersih dan berkelanjutan.
  • Berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait untuk mengembangkan inovasi dan solusi yang dapat mempercepat transisi menuju lingkungan yang lebih hijau.
  • Melakukan advokasi dan edukasi kepada pelanggan dan mitra bisnis tentang pentingnya pengurangan emisi dan adopsi teknologi yang ramah lingkungan.

Dengan komitmen yang teguh dan kerja keras yang terus-menerus, Elmecon Multikencana terus berupaya menjadi bagian dari solusi dalam menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan bagi generasi mendatang. Bersama-sama, kita dapat mencapai tujuan Net Zero Emission dan meninggalkan warisan lingkungan yang lebih baik bagi bumi kita.

Dari penjabaran di atas, PT. Elmecon Multikencana telah terbukti mampu menjawab setiap tantangan dari solusi industri dengan menjadi distributor resmi Omron, Patlite, Moxa, ABB, dan Tai Sin di Indonesia. Dengan pengalaman sejak 1978, mereka telah menjadi pilihan terbaik dalam menyediakan EV charger dan solusi lainnya untuk era Revolusi Industri 4.0.

Ayo! Pakailah EV Charger.

Table of Contents