Otomatisasi teknologi dengan “Smart Home”

Internet of Things (IoT) merupakan embedded system yang aplikasinya akan mengoptimasikan jaringan internet. Teknologi ini memanfaatkan sensor dan aktuator yang dapat dikendalikan dan di monitoring dari jarak jauh melalui internet.  IoT akan menciptakan model bisnis baru yang  dapat mengurangi biaya operasional dan resiko. berkembangnya teknologi telekomunikasi akan memudahkan akses pengumpulan data yang diterima dari sensor dimana saja dan kapan saja. Aplikasi IoT sendiri terbagi dua yaitu  sebagai information and analysis dan  automation and control.

Otomatisasi teknologi dengan smart home semakin berkembang. Tidak hanya untuk industri manufaktur tetapi juga dalam bangunan atau industri perumahan.  Itulah yang disebut Building Automation System. Building Automation System adalah teknologi otomatisasi untuk mengontrol dan pemeliharaan gedung dan rumah-rumah secara otomatis.

Building Automation mencoba menjawab masalah pengendalian dan pemeliharaan gedung. Dalam sistem era cerdas seperti smartphone, smart TV, dan cloud computing, otomatisasi bangunan mengoptimalkan semua perangkat cerdas tersebut. Orang-orang dapat mengontrol rumah atau kantor mereka buliding melalui internet yang dapat diakses oleh smartphone , PC dan perangkat lain dari kejauhan. Building automation merupakan peningkatan dalam IoT kedepannya.

Aplikasi ini seperti mematikan lampu atau melalui web , pemantauan konsumsi daya melalui web, pemantauan kondisi udara seperti suhu, kelembaban dan deteksi kebakaran melalui web. Dan untuk pengembangan sistem, bangunan dapat dikembangkan untuk masalah keamanan gedung.

Menggunakan mikrokontroler Arduino , modul pemantauan energi dan modul GPRS dapat mengirimkan data berisikan informasi
tentang konsumsi daya peralatan rumah tangga (lampu, pemanas air, AC, dll ) melalui web dan mengendalikan saklar peralatan rumah tangga tersebut.

Modul pemantauan energi mendeteksi masukan dari sensor arus dan tegangan, setelah mendapatkan arus dan tegangan, ia akan mengirimkan data ke Arduino, dan kemudian menghitung Arduino ke daya (W). Mendapatkan nilai daya, Arduino mengirimkan ke modul GPRS melalui komunikasi serial untuk mengirimkannya ke database SQL dan data akan ditampilkan pada web di GUI.

Ini adalah sistem yang sederhana untuk menghasilkan sesuatu yang besar dan dapat membuat orang mudah untuk menggunakannya. “Selamatkan bumi kita melalui teknologi”.

Project Title: R&D Prototype of Building Cloud Automation
Project Cooperation: Binus Consulting
Developed By: PT. Elmecon