Network Address Translation (Nat) dan Security network solusi Network

network security

Network Address Translation (NAT) adalah sebuah sistem untuk menggabungkan lebih dari satu perangkat untuk dihubungkan ke dalam jaringan network hanya dengan menggunakan sebuah alamat IP. Pada era ini, hampir semua perangkat yang berada di dalam industry sudah mendukung untuk internet protocol (IP). Artinya perangkat yang sudah mendukung Internet Protocol baik itu HMI, PLC, tower lamp, dan lain lainnya, sudah bisa saling terhubung dan berkomunikasi dengan menggunakan network address. Internet Protocol inilah sebagai wadah utama untuk mendukung industry 4.0, yang dimana setiap perangkat sudah mempunyai IP sebagai pengganti nama dari sebuah perangkat tersebut.

Semakin banyak perangkat/mesin didalam suatu industry maka semakin banyak juga IP yang dibutuhkan untuk perangkat tersebut, sedangkan setiap perangkat tidak boleh mempunyai IP yang sama didalam satu network. Setiap IP akan saling berkomunikasi dengan IP lainnya untuk mengirimkan sebuah data dari perangkat satu ke perangkat lainnya, data yang dibawa berupa informasi informasi yang dibutuhkan operator monitoring ataupun untuk melakukan perintah ke mesin mesin lainnya. Dengan adanya IP semua orang bisa mengontrol dan mengamati setiap perangkat dari jarak yang jauh dengan cepat dan mudah.

network address translation

Lalu bagaimana jika ada sebuah perangkat yang menggunakan IP yang sama dengan perangkat lain dalam satu system? Tentu akan terjadi data collision, atau perangkat sebagai si penerima data akan kebingungan saat memanggil IP yang sama. Seperti halnya, ada karyawan yang namanya sama didalam satu perusahaan, ketika ada temannya memanggil maka keduanya pun pasti menjawab panggilan tersebut. Untuk itu perlu adanya sebuah fungsi yang mengatur walaupun perangkat-perangkat industri memakai IP yang sama tapi komunikasi harus tetap bisa bekerja dengan baik yaitu dengan menggunakan Network Address Translation (NAT). Sehingga setiap perangkat di dalam NAT ketika tersambung di jaringan network maka akan terlihat memiliki alamat IP yang sama jika dilacak. Dengan kata lain, sebuah alamat IP pada jaringan local akan terlebih dahulu ditranslasikan oleh NAT untuk dapat mengakses IP publik di jaringan Network.

Nat adalah salah satu fitur yang ada didalam sebuah firewall didalam jaringan network. Selain NAT Firewall juga sebagai pelindung perangkat dari serangan Malware ataupun Virus yang datang untuk merusak system dan perangkat tersebut dari serangan luar yang kita tidak di inginkan. Malware (Malicious Software) adalah suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dengan menyusup ke sistem sebuah perangkat. Malware dapat menginfeksi banyak perangkat dengan masuk melalui email, download internet, atau program yang terinfeksi. Pada umumnya malware atau virus sering ditemui pada sebuah computer atau di jaringan network, tapi seiring dengan berkembangnya zaman malware dan virus kini sudah masuk ke dunia industry. Akibatnya banyak sekali data yang hilang, mesin error, bahkan perusahaan harus menanggung kerugian materi yang cukup besar.

Penyebab malware dan virus masuk kedunia industry saat ini karena industri sangat membutuhkan peran dari IT untuk mengelola data dan mempercepat proses kinerja dari sebuah system di smart factory. Sayangnya industry masih belum banyak menyadari ancaman besar, sehingga security network yang berada di industry sangat lemah dan belum siap mengahadapi serangan malware ataupun virus yang datang menyerang ke system mereka seperti PLC ataupun server.  Dengan munculnya serangan virus pada industry merupakan sesuatu hal yang sangat menghawatirkan, bahkan perusahaan sekelas “apple” pun terkena serangan virus WannaCry ke 10.000 inti mesin mereka dan menyebabkan kerugian sekitar 171 Million USD. 

network monitor

MOXA EDR-810 adalah sebuah router industry yang terintegrasi dengan firewall / Nat / VPN dan fungsi switch layer 2. Moxa EDR-810 dirancang untuk aplikasi keamanan berbasis ethernet dalam akses remote control ataupun untuk monitoring network, dan juga dapat menyediakan keamanan untuk elektronik seperti PLC/Scada dalam otomatisasi pabrik. Seri EDS-810 mencangkup fitur cybersecurity berupa VPN (virtual private network) dan firewall/NAT.

 

FEATURED PRODUCT :

 

moxa edr 810moxa iothinxmoxa eds
EDR-810Moxa IothinxMoxa EDS-2008

 

Hubungi Kami

 

UNTUK INFO LEBIH LANJUT MENGENAI PRODUK MOXA SERIES BISA DENGAN MENGKLIK TOMBOL DIATAS.

 

DISTRIBUTOR MOXA INDONESIA

distributor omron