Mengakses Mesin Jarak Jauh Menggunakan Cloud Aman Moxa Remote Connect (MRC) Memastikan Mesin Tetap Beroperasi Dimasa COVID-19

MRC

Dimasa pandemi COVID-19 ini banyak sekali pabrik-pabrik terkendala dalam proses produksi. Karena di berlakukan nya peraturan pemerintah dari mulai Social Distancing,PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan pemberlakuan bekerja dari rumah (WFH). Masalah mulai dari tidak ada yang memaintenance mesin dan mengoperasikan mesin. Moxa Remote Connect (MRC) hadir untuk memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi pabrik-pabrik di masa COVID-19 dengan cara mengakses mesin jarak jauh menggunakan cloud yang aman.

Layanan Maintenance dan troubleshooting dengan jarak jauh memungkinkan untuk Original Equipment Manufacturers (OEM) dan Machine Builders mendukung pelanggan mereka dengan efisiensi yang lebih besar, serta membatu untuk meningkatkan produktifitas. Layanan jarak jauh ini tidak hanyak memfasilitasi keputusan yang lebih cepat dan lebih cerdas, tetapi juga mengurangi waktu dan biaya dari after-sales dan maintenance untuk mesin dan equipment.

Meskipun menggunakan sebuah virtual private network (VPN) untuk mengakses mesin dari jarak jauh dan peralatan industri di luar area networking itu bukanlah teknologi baru, OEM dan pembuat mesin sering dihadapkan pada masalah tambahan seperti privasi user, pengaturan VPN yang kompleks, management alamat IP, dan kepatuhan dengan standar keamanan TI tentu bukanlah permasalahan yang mudah.

Untuk mengatasi permasalahan ini, koneksi jarak jauh berbasis cloud dapat memberikan akses jarak jauh yang mudah, aman, dan fleksibel untuk mengecek mesin bagi pengguna. Kami akan memberikan dua scenario terbaik untuk melihat bagaimana moxa bisa menghandle oneksi jarak jauh berbasis cloud yang aman bagi pengguna.

Skenario 1: REMOTE DATA ACQUISITION

Didalam pabrik air, air yang bersih harus melalui proses pengolahan dan pemurnian untuk menghasilkan air minum yang aman untuk di konsumsi oleh manusia. Untuk mencapai proses ini, perlu ribuan sensor dikerahkan untuk mengukur air kualitas air. Sensor-sensor ini terletak ratusan fasilitas dan semua harus dipantau dengan cermat. Selain pengolahan dan pemurnian air, penanganan dan distribusi air setelah diproses juga sama pentingnya untuk memastikan air tetap aman dan terjaga untuk dikonsumsi manusia.

Untuk menghindari rekontaminasi air dalam system distribusi adalah dengan retensi desinfektan residu dalam air yang diolah, untuk memastikan bahwa disinfektan tidak mencapai tingkat berbahaya, air terus dipantau oleh sensor yang ditempatkan di pipa. Sensor dalam pipa mengirimkan data melalui sistem SCADA. VPN sering digunakan untuk untuk case tersebut, tetapi sulit untuk dikelola dengan baik karena semakin banyak fasilitas yang dibangun dan tentunya semakin berkembang permasalah dan kerumitan yang terjadi untuk memantau ketersediaan airnya.

Mengapa harus menggunakan cloud-based remote connections?

Karena dengan menggunakan komunikasi jarak jauh berbasi cloud dapat memberikan cara yang paling mudah dan murah bagi pusat pengelolahan air dan limbah untuk memisahkan data data yang banyak dan kompleks didalam topology network. Komunikasi jarak jauh berbasis cloud mengurangi beban pengaturan dan pembelian server VPN tambahan dan client ketika terdapat alamat IP yang baru didalam system yang perlu di pantau, serta menghindari biaya untuk mendapatkan IP public yang diperlukan setiap server client VPN.

moxa mrc

SKENARIO 2: REMOTE MAINTENANCE

Mesin pengolah makanan digunakan untuk mengotomatiskan produksi dan pengolahan makanan untuk skala besar. Agar produsen makanan dapat memperluas bisnis mereka, maka sangat penting perlu dilakukannya maintenance secara rutin. Perusahaan yang terlibat dalam makanan berharap OEM dapat memberikan sebuah waktu respons yang sangat cepat ketika sedang maintenance mesin tidak akan terpengaruh dengan jumlah produksi. Untuk memastikan waktu respons cukup cepat untuk mencegah gangguan pada waktu beroperasi, user memerlukan metode yang aman dan lebih efisien untuk memecahkan masalah dan melakukan maintenance tanpa harus mengirim orang di setiap lokasi.

 

Kenapa harus menggunakan Remote connection based on cloud?

Memberikan akses jarak jauh yang tanpa batas memudahkan pemilik bisnis menghadapi resiko keamanan yang lemah dan membuat mereka rentan terhadap serangan cyber/virus. Untungnya, dengan menggunakan remote accees berbasis cloud bukan hanya bisa meringankan tugas engineer untuk melakukan banyak maintenance tanpa harus datang ke pabrik secara langsung tapi juga memungkinkan user untuk mengontrol dan mengakses ke jaringan mereka. Salah satu opsi yang tersedia adalah dengan membuatkan security access agar mesin dapat dibatasi dan diakses oleh user yang tepat, sehingga tidak semua user bisa memiliki semua akses keseluruh jaringan.

MRC

MRC Product Features :

 

MOXA MRC

Moxa Remote Connect (MRC)

 

  • Security with embedded firewall and whitelist remote access control
  • End-to-end data encryption
  • Auto virtual IP mapping eliminates the need for field IP management
  • Transparent tunnels suitable for existing software tools
  • Flexibility for defining the relation between remote connections

 

UNTUK INFO LEBIH LANJUT MENGENAI PRODUK MOXA MRC KLIK TOMBOL DI BAWAH INI :

Hubungi Kami