Fungsi BAS (Building Automation System) di Biofarma Mobile lab BSL-3 untuk swab Covid-19

mobile lab

Sebelum membahas tentang project yang kita tangani yaitu Mobile Lab BSL-3 milik Biofarma yang di peruntukan untuk penanganan Covid-19, mari kita bahas mengenai BAS (Building Automation System) terlebih dahulu. Apa itu BAS ? BAS adalah sebuah pemograman, intelligent network yang dapat monitoring dan mengontrol sistem. Bagaimana fungsi BAS di mobile lab?

PT Biofarma Indonesia selaku perusahaan BUMN yang sedang gencar-gencarnya melakukan research mengenai virus covid-19 menginisiasi untuk menciptakan mobile lab untuk proses ekstraksi RNA dari specimen swab Covid-19.

Mobile Lab BSL-3 ini difungsikan sebagai laboratorium “berjalan” oleh PT Biofarma Indonesia. Untuk pencegahan Virus Covid-19 sehingga bisa dilakukan secara portable berpindah-pindah tempat mengingat Indonesia memiliki jangkauan yang sangat luas.

Disini kami memasang alat untuk Monitoring dan kontrol temperatur kelembapan dan tekanan udara di setiap ruangan dalam mobile lab. Data monitoring dapat diakses dengan data base secara online.

MASALAH YANG TERJADI DI MOBILE LAB :

BAS

Problemnya terdapat pada ruangan khusus yang mengharuskan suhu udara dan tekanannya sesuai dengan SOP yang ada. Karena apabila ruangan tersebut memiliki suhu dan tekanan yang lebih atau kurang dari seharusnya dikhawatirkan berbagai macam virus dan bahan research yang ada di dalam mobil lab tersebut bisa mencemari area sekitar.

Problem Solve DI MOBILE LAB :

APA ITU BAS

Kami mengatasi problem tersebut dengan  penggunaan alat monitoring suhu secara real-time yang di konesikan kedalam sebuah sistem software SCADA. Yang memungkinkan untuk system dalam mobile lab ini melakukan report secara realtime keadaan suhu yang terjadi di dalam ruangan.

PRODUCT SOLUTION :

Temperature sensor Humadity sensor PLC

Omron Temperature sensor

Omron Humadity sensor

Omron PLC

 

Hubungi Kami