Berikut Macam-Macam circuit breaker, Apa saja yang sering di gunakan?

Pemutus arus listrik atau circuit breaker merupakan produk pengaman listrik  yang memiliki beberapa variasi diantaranya yang sering digunakan yaitu MCB, RCCB, MCCB dan RCBO. Apa saja perbedaan dari macam-macam circuit breaker yang sering digunakan tersebut?

MCB (Minature Circuit Breaker)​

Dalam keadaan normal MCB berfungsi sebagai saklar yang memutuskan hubungan arus listrik secara manual, namun bila terjadi kelebihan penggunaan daya listrik akan terjadi pemutusan arus listrik secara otomatis untuk menjaga keamanan rumah dari terjadinya konsleting atau arus pendek yang bisa menyebabkan kerusakan pada peralatan listrik/elektronik.

MCCB(Moulded Case Circuit Breaker)​

MCCB merupakan saklar yang dapat memustuskan hubungan arus listrik seperti MCB. Berikut adalah perbedaan MCCB dan MCB.

RCCB(Residual Current Circuit Breaker)​

Perangkat ELCB berbasis arus atau dikenal dengan nama RCCB atau dikenal juga dengan istilah Residual Current Device (RCD) merupakan perangkat listrik juga berfungsi untuk melindungi dari arus bocor.RCCB bekerja memutus arus listrik saat terdeteksi ada kebocoran arus listrik ke grounding atau tanah. Prinsip kerjanya adalah mendeteksi adanya arus bocor baik pada gangguan tanah maupun gangguan terhadap ground dengan cara membandingkan nilai antara fasa dan netral dari suatu system, dimana arus yang keluar melalui titik fasa dan netral pada suatu sistem instalasi selalu berbanding lurus (seimbang). Apabila ada perbedaan nilai pada titik fasa dan netral yang diakibatkan oleh adanya gangguan tidak seimbang antara titik fasa terhadap tanah atau ground maka RCCB tersebut akan memutuskan aliran listrik pada suatu sistem.

RCBO (Residual Current Circuit Breaker with Overload) ​

RCBO merupakan kombinasi gabungan antara MCB dan RCCB dengan lebar yang sama dengan lebar MCB sehingga lebih hemat tempat dan sederhana saat pemasangannya.  RCBO mempunyai fungsi sebagai proteksi terhadap arus bocor dan mencegah terjadinya hubungan singkat atau konsleting.  Bila telah menggunakan RCBO pada peralatan listrik/eletronik, maka tidak diperlukan lagi menggunakan MCB dan RCCB karena RCBO bisa bertugas menggantikan fungsi MCB dan RCCB serta lebih hemat dalam penggunaannya.

Secara umum keempat jenis produk tersebut dapat dirangkum seperti pada table berikut ini.

Berminat UNTUK REQUEST PRODUK ABB DIATAS?

Silahkan click link dibawah ini untuk proses order