5 Cara Mengurangi Biaya Listrik dengan Omron Smart Technology

Omron Smart Technology membantu anda mengurangi biaya listrik

Bagaimana Omron smart technology bisa membantu anda mengurangi biaya listrik?

Pemakaian listrik untuk industry merupakan sekitar 30% dari seluruh pemakaian listrik Indonesia, dan tahukah bahwa di rata rata industry, sekitar 15-25% dari seluruh biaya produksi adalah untuk pembiayaan listrik? Dari diagram di bawah ini dapat dinilai bahwa umumnya listrik banyak dipakai di 3 proses; yaitu

  1. Proses pemanasan dan pendinginan (Heater, pompa, compressor dll)
  2. Pemakaian motor dan pompa (Conveyor, compressor)
  3. Lighting

Semakin tahun, biaya listrik pun semakin naik. Sekarang kami ingin memberi beberapa ide yang dapRevolusi Indat di implementasikan di setiap industry

 

Smart Tech1

 

5 Cara kami bisa bantu anda Save Energy !

1. Variable speed drive AKA Inverter

Smart Tech3Smart Tech2

Omron Inverter adalah sebuah perangkat yang dapat mengatur kecepatan motor AC, di industri banyak digunakan untuk aplikasi motor, fan, centrifugal pumps dan compressor untuk pendingin.
Mengapa dapat menghemat? Ada hukum yang disebut “Cube Law”, yang mengatakan setiap penurunan kecepatan motor dapat mengurangi pengunaan daya dengan factor 3 kali lipat. Itu sebabnya penurunan 5% pada kecepatan motor dapat memperoleh penghematan (1 – (0.95×0.95×0.95) * 100) = 14,3%, dan penurunan 10% dapat memperoleh penghematan 27%.

2. Smart Relay for Smart lighting control

Smart Tech4Smart Tech5

Apakah anda atau rekan kerja anda sering lupa untuk mematikan lampu atau peralatan lain saat sudah pulang kerja? Dengan produk Omron, kami dapat menyediakan solusi building automation system yang sederhana, Smart Relay Omron adalah sebuah controller yang dapat diprogram dengan sangat mudah, dan dapat dipakai untuk banyak sekali aplikasinya. Contohnya untuk pengaturan pencahayaan dengan automatis, pengaturan kipas ataupun untuk mematikan mesin saat jam pulang.

3. LED lighting LED
Dulu umumnya digunakan pada gadget seperti ponsel atau PDA serta komputer. Sebagai pesaing lampu bohlam dan neon, saat ini aplikasinya mulai meluas dan bahkan bisa kita temukan pada korek api yang kita gunakan, lampu emergency dan sebagainya. Led sebagai model lampu masa depan dianggap dapat menghemat listrik. Daya yang diperlukan lampu jenis ini hanya sekitar 4-10 watt saja dibandingkan lampu neon sejenis yang mencapai 12-20 watt.

4. Temperature Control

Smart Tech6

Control pengunaan heater yang tidak terkendali dengan baik dapat menyebabkan banyak pemborosan listrik.Namun dengan Temperature Control Omron, anda dapat memastikan temperature pada proses anda tepat pada kebutuhannya.

5. Energy Monitoring

Smart Tech7Smart Tech8

Ada sebuah pepatah yang mengatakan “You cannot manage what you cannot measure”. Setelah semua implementasinya, yang terakhir adalah bagaimana kita dapat mengukur hasilnya? Saat membantu jika si user dapat melihat sendiri hasil dari implementasi proyek penghematannya. Dengan dipasangnya Energy Monitoring Omron, tim anda pun akan lebih semangat lagi untuk meningkatkan penghematan.

Klik link berikut untuk melanjutkan pembicaraan tentang program solusi Smart Technology via Whatsapp : bit.ly/ProgramIoT